7 Cara Ampuh Merawat Smartphone Agar Awet


cara merawat smartphone agar awet dan tahan lama


Siapa yang tidak kenal dengan smartphone? Ya smartphone saat ini memuncaki daftar handphone yang paling laris dipasaran. Tak heran smartphone memiliki fitur yang sangat memanjakan penggunnya, dimulai dari layar yang lebar dan berbagai fitur lainnya. Tapi kebanyakan orang menggunakannya secara asal asalan dimulai dari menggunakan aplikasi yang berbeda beda secara bersamaan sehingga sistem operasi smartphone dituntut lebih eksra dan hasilnya smartphone gampang lambat, sering ngebleng, batu cepat habis dan lain lainya. Kalau hal ini dilakukan secara terus menerus bisa dijamin gadget anda akan rusak dalam waktu dekat.

Anda tidak mau seperti itu bukan? Tenang saya akan memberikan 6 tips supaya smartphone kamu agar awet dan tahan lama dan semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda memiliki gadget ini.

7 cara merawat smartphone agar awet

 1 Hapus aplikasi yang tidak dipakai


cara merawat smartphone adalah menghapus aplikasi


Bagi penggunaan handphone jenis ini. banyak aplikasi memang hal yang sangat wajar. Apalagi sekarang banyak aplikasi yang bagus dan berguna bagi kita yang disediakan oleh google playstore. Tapi kebanyakan orang tidak mengetahui kalau kebanyakan aplikasi bisa membuat smartphone cepat rusak! kenapa? itu disebabkan karena sistem operasi smartphone akan bekerja lebih ekstra lagi ketika banyak aplikasi yang digunakan dalam satu, dampak negatif lainya adalah batu cepat habis dan masih banyak dampak lainya. Saran saya gunakan aplikasi yang memang diperlukan saja dan menghapus applikasi yang tidak berguna. Dan jangan membuka aplikasi bersamaan dalam jumlah banyak karena akan membuat smartphone lambat.

2 Mencharger smartphone seusai kebutuhan.


cara mencharcher smartphone


Jangan pernah mencharger smartphone secara asal asalan karena akan mengakibatkan batunya cepat rusak. Charger sesuai kebutuhan smartphone anda. Pastikan handphone anda terisi secara sempurna dan jangan berlebihan agar baterai tidak melar. Hal lain yang perlu anda hindari adalah jangan mainan hp sambil dicharger, itu bisa merusak sistem smartphone itu sendiri.

3 Untuk melindungi layar gunakan anti gores yang berkualitas


cara menjaga layar smartphone


90% kegiatan touching di smartphone menggunakan layar. Maka dari itu layar merupakan bagian yang sangat penting. Untuk melindungi layar dari goresan yang diakibatkan dari tangan atau benda lainya anda membutuhkan anti gores. Gunakan anti gores yang berkualitas yang sudah terbukti bagus untuk layar anda. Anda bisa membelinya di toko toko atau konter yang menyediakan anti gores.

4 Bersihkan smartphone anda secara berkala


cara membersihkan smartphone


Hal yang tidak kalah penting adalah membersihkan smartphone dari debu atau kotoran yang menempel. Jangan pernah malas membersihkan smartphone anda kalau mau smartphone anda awet. Anda bisa menggunakan tisu kering utuk membersihkan permukaan luar seperti layar, spiker dan lain lain. Jangan pernah menggunakan tisu basah atau barang yang memiliki kadar air untuk membersihkan smartphone anda karena akan membuat smartphone menjadi lembab.

5 Simpan ditempat yang aman


Simpan smartphone anda ditempat yang aman arabia anda tidak menggunakannya. Hindari tempat yang tinggi karena sangat beresiko apabila jatuh. Dan hindari tempat yang berdekatan dengan sumber air karena bisa saja percikan air mengenai smartphone kita atau bisa saja jatuh dan tercebur kedalam air.
Jangan simpan smartphone ditempat yang tertutup karena bisa membuat smartphone menjadi lembab dan  baterai akan cepat habis.

6 Gunakan antivitus terbaru dan selalu rutin untuk mengupdatenya


gunakan antivirus smartphone


Virus bisa masuk melalui aktifitas browsing, aplikasi atau file lama yang tidak dipakai, kegiatan mengirim file melalui bluetooth dan lain ain. Maka dari itu menginstal aplikasi antivirus merupakan keharusan agar smartphone anda terlindungi dari virus yang bisa saja masuk tanpa kita sadari. Usahakan selalu mengupdatenya agar kita tahu kondisi smartphone kita, minimal satu minggu sekali.

 7 Matikan smartphone saat tidak digunakan


Apabila smartphone anda tidak digunakan, alangkah lebih baik anda matikan. Kenapa? sama kaya manusia, smartphonepun juga butuh istirahat. Hal itu juga berguna untuk mendinginkan bagian bagian komponen dalam seperti processor dan ram. Apabila anda menggunakan secara berlebihan smartphone anda akan cepat panas, apabila anda. mengalami hal ini sebainya anda berhenti dulu dan matikan ponsel anda.

Itulah beberapa tips dalam merawat smartphone agar awet yang bisa anda terapkan. Semoga artikel saya bisa bermanfaat dan membantu permasalahan anda. Terima kasih